Tips Penggunaan Komputer agar Lebih Aman dan Awet

- Sediakan UPS, karena tegangan listrik sering turun naik dan bahkan bisa mati dengan tiba-tiba itu akan berdampak kurang baik pada PC, terutama PC yang sudah lama, akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya Hardisk, bahkan Motherboard. Karena itu usahakan agar selalu menyediakan UPS atau External battery sebagai pengaman bila terjati mati lampu maka komputer akan tetap hidup untuk beberapa waktu, sehingga masih ada kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.
- Sediakan STAVOLT tambahan sebagai stabilizer, sehingga kalau tegangan listrik naik turun pun tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.

- Bersikan debu, biasanya CPU tower diletakan di samping meja user dan diletakan di lantai sehhingga kemungkinan debu masuk kedalam CPU besar sekali, misalnya procesor, walaupun tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/RAM sering juga terkena debu dan komputer jadi hang atau komputer jiga tidak bisa dinyalakan maka check dan cepat bersikan komputer tersebut, pasang kembali dan nyalakan.
- Hindari kena air, karena akan terjadi konsleting pada lempengan di dalam keyboard, walaupun dibersihkan dan dijemur sekalipun tetap tidak bisa diperbaiki, sehingga anda perlu ganti yang baru.
- Di Indonesia VOLTASE memakai 220 volt, tapi untuk komputer produk Jepang masih 110 volt, sehingga bila menyalakan komputer produk Jepang, jangan lupa sediakan adaptor untuk menurunkan voltase dari 220 ke 110 volt.
- Jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan, karena itu sediakan penangkal petir lebih baik.
- Jauhkan dari medan magnetic karena bisa menggangu performa CPU juga monitor.
- Demi keamanan daya serta system komputer, pastikan sudah ada antivirus dan selalu di update.
- Pastikan pula ada program tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet (eis/cokies).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar